Karantina Karimun
  Selamat datang di website Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun      Karantina Karimun Anti KKN     Ayo Lapor Karantina !!!     Bersama Anda Melindungi Negeri  
admin   2018-11-30   15:39:24   10  

Serius Hadapi Kasus Penyelundupan, Karantina Karimun Hadirkan Pakar Hukum

Karimun -- Besarnya potensi penyelundupan komoditas pertanian ilegal di Karimun sudah menjadi rahasia umum. Alih-alih terbatasnya kebutuhan bahan pangan dan murahnya harga bahan pangan dari negara tetangga, dijadikan peluang yang besar bagi penyelundup kelas teri hingga kelas kakap.

Sepanjang tahun 2018, Karantina Karimun telah berhasil menangkap dan memusnahkan berbagai komoditas pertanian seperti daging, buah, sayuran, telur dan bibit tanaman yang tak berdokumen resmi baik dari antararea seperti Batam maupun dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Pengawasan dan penindakan terhadap pelanggaran karantina ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika hanya penahanan dan pemusnahan tidak dapat memberikan efek jera, maka proses penyidikan melalui jalur hukum tentu harus dilanjutkan guna melindungi kelestarian sumber daya alam hayati Indonesia berdasarkan UU No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

Karantina Karimun memiliki petugas yang diberi kewenangan secara khusus menghadapi kasus penyelundupan komoditas pertanian. Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Kepolisian Khusus (Polsus) dan Intelijen adalah petugas terdepan dalam mendeteksi dan menangani kasus pelanggaran dan tindak pidana di bidang perkarantinaan. Mereka telah dibekali dengan ilmu hukum yang mumpuni selain teknis karantina hewan maupun karantina tumbuhan yang telah melekat didalamnya.

Keseriusan Karantina Karimun dalam membekali sumber daya manusia (SDM) di bidang pengawasan dan penindakan dibuktikan dengan menggelar in house training di Instalasi Karantina Karimun, Kamis (29/11). Narasumber yang dihadirkan merupakan pakar hukum yang berasal dari berbagai instansi. Korwas PPNS dari Polres Karimun menjadi narasumber terkait penyidikan, Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun sebagai narasumber sebagai pemberkasan dan dari Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun sebagai narasumber terkait penanganan barang bukti dan praperadilan.

Meskipun pada tahun 2018 Karantina Karimun belum memejahijaukan kasus penyelundupan karantina, namun ancaman kurungan penjara dan denda sudah menanti. Ancaman bagi pelaku kejahatan/pelanggaran karantina adalah penjara paling lama 1 - 3 tahun dan denda paling banyak Rp 50.000.000,- hingga Rp 150.000.000.

#LaporKarantina🍎🐶 #KarantinaKarimun

Berita Lainnya

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN

PENGUMUMAN

  • Himbauan untuk tidak mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah cuti bersama idul fitri 1438 H (download)

  • Pelaksaan hari libur Nasional dan cuti lebaran mengacu pada Surat Edaran Kepala Badan Karantina nomor 8441/KP.580/K/5/2018 tanggal 09 Mei 2018 (download)

  • Realisasi Anggaran Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun 36,03% per tanggal 10 Mei 2018
  • -- lainnya --

    DISEASES ALERT

  • Wabah Rabies, Larangan lalu lintas HPR dari dan ke Sumba & P. Selayar Sulawesi Selatan   (download)   23 Januari 2019

  • Wabah Caprine arthritis-encephalitis di Singapura, Waspada pemasukan domba-kambing & produknya dr Singapura (download) 23 Januari 2019

  • Wabah AI, Waspada pemasukan unggas dan produk unggas segar dari Vietnam (download) 15 Januari 2019

  • -- lainnya --

    Karantina Karimun