Karantina Karimun
  Selamat datang di website Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun      Karantina Karimun Anti KKN     Ayo Lapor Karantina !!!     Bersama Anda Melindungi Negeri  
admin   2019-02-06   16:10:08   23  

Berpotensi Merusak Pertanian Indonesia, 29 Kilogram Benih Sawi Diamankan Karantina Karimun

Kejadian bermula saat petugas Karantina Karimun melakukan pengawasan di kedatangan internasional Pelabuhan Tanjung Balai Karimun. Atas kerjasama dengan pihak Bea Cukai, 29 kg benih sawi berhasil diamankan. Pemilik benih tidak ada saat kejadian, karena hanya menitipkan benihnya melalui kapal dari Malaysia untuk diserahkan kepada kurir yang sudah diberi informasi sebelumnya.

Saat diamankan, kurir tidak mampu berkutik saat ditanya mengenai dokumen perijinannya seperti Phytosanitary Certificate dan Surat Ijin Pemasukan dari Menteri Pertanian. "Saya hanya dititipin saja, ini punya kawan saya. Kalau mau ditahan, tahan saja pak. Saya tidak membawa dokumen apa-apa. Saya mengaku salah," ucapnya kepada petugas, Jumat (25/01).

Ade Christian Manik, petugas Karantina Karimun mengatakan bahwa benih ini merupakan komoditas yang beresiko tinggi yang memungkinkan masuknya penyakit yang belum ada di Indonesia. "Setahu saya disini tidak ada areal pertanian sawi yang luas, saya khawatir ini bukan hanya akan ditanam di Karimun tetapi akan diedarkan ke luar pulau," ucapnya.

Indonesia memiliki banyak sumber daya alam hayati yang kaya dan beragam. Ada jutaan jenis flora dan fauna yang bisa tumbuh dan berkembang di bumi pertiwi ini. Lantas mengapa harus memilih benih dari luar negeri yang tidak terjamin kesehatannya dan mengancam kelestarian hayati Indonesia?

Murah, bisa jadi menjadi salah satu jawaban mengapa di Karimun banyak terjadi pelanggaran karantina. Singapura dan Malaysia letaknya sangat dekat, bahkan jauh lebih dekat daripada harus mengirim benih dari luar pulau. Namun, ini bukan menjadi suatu pembenaran, karena setiap negara telah memiliki cara sendiri untuk melindungi negaranya. Bayangkan, 1 biji benih saja bisa menjadi agen perusak pertanian Indonesia. Haruskah 29 kg benih sawi ilegal ini dibebaskan dengan alasan ingin menjadi petani yang sukses?

#LaporKarantina🐢🍎 #KarantinaKarimun

Berita Lainnya

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN

PENGUMUMAN

  • Himbauan untuk tidak mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah cuti bersama idul fitri 1438 H (download)

  • Pelaksaan hari libur Nasional dan cuti lebaran mengacu pada Surat Edaran Kepala Badan Karantina nomor 8441/KP.580/K/5/2018 tanggal 09 Mei 2018 (download)

  • Realisasi Anggaran Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun 36,03% per tanggal 10 Mei 2018
  • -- lainnya --

    DISEASES ALERT

  • Wabah Rabies, Larangan lalu lintas HPR dari dan ke Sumba & P. Selayar Sulawesi Selatan   (download)   23 Januari 2019

  • Wabah Caprine arthritis-encephalitis di Singapura, Waspada pemasukan domba-kambing & produknya dr Singapura (download) 23 Januari 2019

  • Wabah AI, Waspada pemasukan unggas dan produk unggas segar dari Vietnam (download) 15 Januari 2019

  • -- lainnya --

    Karantina Karimun