Karantina Karimun
  Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Ayo Lapor Karantina !!!     Bersama Anda Melindungi Negeri     Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Karantina Karimun Anti KKN  
adminkarimun   2020-04-17   07:52:21   60  

Dalam Dua Hari, Ekspor Kelapa dan Air Kelapa Karimun Tembus 1,2 Miliar

Karimun - Karantina Pertanian Karimun merupakan salah satu instansi pemerintah yang tetap melayani masyarakat di tengah pandemi virus korona. Seperti yang dilakukan oleh petugas Karantina Pertanian Karimun yang berada di Pelabuhan Tanjung Batu yang tetap melakukan pemeriksaan ekspor rutin kelapa ke Malaysia, Senin - Selasa (13-14/04).

Eksportir PT. Saricotama Indonesia tetap berproduksi untuk mengekspor kelapa sebanyak 80 ton dalam 2 hari berturut-turut dengan nilai ekspor Rp 1,168 miliar. Tidak berhenti disitu saja, air kelapa turut diekspor ke negeri jiran Malaysia sebanyak 23 ton dengan nilai ekspor Rp 34,5 juta . Secara keseluruhan, total nilai ekspor kelapa dan air kelapa adalah sekitar Rp 1,202 miliar.

Menurut Fikri, petugas yang melakukan pemeriksaan ekspor, air kelapa ini merupakan ekspor perdana di tahun 2020. Permintaan air kelapa cenderung meningkat menjelang bulan ramadan karena akan dijadikan sebagai bahan baku nata de coco yang cocok disajikan sebagai takjil.

Petugas melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen dan pemeriksaan kesehatan terhadap kelapa dan air kelapa tersebut sesuai dengan Sanitary and Phytosanitary Measures yang telah ditetapkan.

Di tempat terpisah, Priyadi yang merupakan Kepala Karantina Pertanian Karimun tetap optimis bahwa ekspor produk pertanian dari Kabupaten Karimun tidak berhenti meski pandemi virus korona masih berlangsung.

"Alhamdulillah, ekspor disini masih tetap berjalan seperti biasanya meski ada beberapa komoditas lain yang jumlahnya relatif menurun. Kami juga tetap mengedepankan kesehatan dan keselamatan kerja terhadap petugas saat melakukan pemeriksaan," jelasnya.

#LaporKarantinašŸŽšŸ• #KarantinaPertanianKarimun

Berita Lainnya

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN

PENGUMUMAN

  • Larangan Ekspor Lidi (broom stick) ke negara India (download)

  • Nota Kesepahaman Antara BC, BARANTAN DAN BKIPM-KP tentang Kerjasama Dalam Pelayanan Pengawasan Impor dan Ekspor Komoditas Wajib Periksa Karantina (download)

  • Himbauan untuk tidak mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah cuti bersama idul fitri 1438 H (download)

  • -- lainnya --

    DISEASES ALERT

  • Pencegahan penyebaran Spodoptera frugiperda dan Bactrocera (download)  tanggal 22 Februari 2019

  • Wabah Caprine arthritis-encephalitis di Singapura, Waspada pemasukan domba-kambing & produknya dr Singapura (download) 23 Januari 2019

  • Wabah Flu Burung, Larangan Pemasukan Unggas dan Produk Unggas Segar dari Malaysia  (download)  tanggal 09  Agustus 2018

  • -- lainnya --

    Karantina Karimun