Karantina Karimun
  Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Ayo Lapor Karantina !!!     Bersama Anda Melindungi Negeri     Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Karantina Karimun Anti KKN  
admintbk2   2019-07-22   11:23:23   99  

Karantina Pertanian Karimun Blusukan ke Pelabuhan Tikus

Karimun - Menjelang Iduladha, Karantina Pertanian Karimun blusukan ke beberapa pelabuhan tikus yang diduga sering terjadi pelanggaran karantina. Khususnya pemasukan bahan pangan ilegal dari luar negeri, Jumat (20/7).

Blusukan dalam rangka patroli atau operasi pengawasan terpadu dengan instansi terkait kepelabuhanan ini dipimpin oleh Kristiyani Maryatiningsih selaku Koordinator Pengawasan dan Penindakan Karantina Pertanian Karimun. Kristiyani menjelaskan bahwa patroli kali ini menitikberatkan pada pelabuhan-pelabuhan tikus yang beresiko sebagai tempat proses bongkar muat kapal. Terlebih menjelang Iduladha yang tinggal beberapa minggu lagi, Karantina Pertanian Karimun memperketat pengawasan lalu lintas komoditas pertanian.

Ada tiga titik yang menjadi daerah operasi pengawasan terpadu, yakni Tanjung Sebatak, Leho dan Kolong. Targetnya meliputi orang, komoditas pertanian dan alat angkut yang ada di pelabuhan tikus yang tidak sesuai dengan persyaratan karantina. Dari beberapa daerah operasi, ditemukan kapal yang sedang sandar dan melakukan pemuatan barang. Akan tetapi, barang yang dimuat bukanlah komoditas pertanian, melainkan bahan bangunan yang akan dikirim ke pulau lainnya.

Petugas Karantina Pertanian Karimun sempat memberikan sosialisasi kepada awak kapal yang dijumpai di Pelabuhan Hutagalung, Kolong. Sudarmono, selaku petugas karantina menghimbau kepada awak kapal agar lapor karantina jika membawa komoditas pertanian dan membantu melaporkan jika mengetahui adanya pelanggaran karantina.

"Mari menjadi masyarakat yang mandiri dan peduli. Jangan beri celah para 'pencuri', kita dukung petani dalam negeri dan bersama kita lindungi keanekaragaman hayati khususnya di wilayah Karimun ini," harap Kristiyani.

Hingga menjelang dini hari, tim pengawasan terpadu yang melibatkan bea cukai, BUP dan KP3 Tanjung Balai Karimun tidak menemukan adanya pelanggaran karantina.

#LaporKarantina
#KarantinaPertanianKarimun

Berita Lainnya

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN

PENGUMUMAN

  • Larangan Ekspor Lidi (broom stick) ke negara India (download)

  • Nota Kesepahaman Antara BC, BARANTAN DAN BKIPM-KP tentang Kerjasama Dalam Pelayanan Pengawasan Impor dan Ekspor Komoditas Wajib Periksa Karantina (download)

  • Himbauan untuk tidak mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah cuti bersama idul fitri 1438 H (download)

  • -- lainnya --

    DISEASES ALERT

  • Pencegahan penyebaran Spodoptera frugiperda dan Bactrocera (download)  tanggal 22 Februari 2019

  • Wabah Caprine arthritis-encephalitis di Singapura, Waspada pemasukan domba-kambing & produknya dr Singapura (download) 23 Januari 2019

  • Wabah Flu Burung, Larangan Pemasukan Unggas dan Produk Unggas Segar dari Malaysia  (download)  tanggal 09  Agustus 2018

  • -- lainnya --

    Karantina Karimun