Karantina Karimun
  Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Ayo Lapor Karantina !!!     Bersama Anda Melindungi Negeri     Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Karantina Karimun Anti KKN  
admintbk2   2019-08-14   17:38:13   57  

Karantina Pertanian Karimun Musnahkan Komoditas Pertanian Ilegal

Karimun - Karantina Pertanian Karimun melakukan pemusnahan komoditas pertanian ilegal yang berasal dari Malaysia di Kantor Instalasi Karantina Pertanian, Rabu (14/8).

Komoditas pertanian yang dimusnahkan merupakan hasil penahanan petugas karantina di Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun. Selain itu, turut dimusnahkan juga 80 kg daging sapi yang merupakan hasil tegahan dari KPPBC Tipe Madya B Tanjung Balai Karimun yang diserahterimakan kepada Karantina Pertanian Karimun.

Kristiyani Maryatiningsih selaku Koordinator Pengawasan dan Penindakan menyampaikan bahwa komoditas pertanian yang dimusnahkan diantaranya daging kerbau, daging sapi, jeroan asal unggas dengan jumlah total 477,27 kg. Karantina Pertanian Karimun juga memusnahkan 29 kg benih sawi, 14 batang tanaman hias dan 38 kg buah dan sayur yang seluruhnya berasal dari Malaysia.

Priyadi, Kepala Karantina Pertanian Karimun dalam sambutannya mengatakan bahwa tidak ada toleransi terhadap produk ilegal dari luar negeri yang dibawa oleh penumpang melalui berbagai kapal ferry. Pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan sekaligus mengedukasi kepada masyarakat tentang aturan karantina, UU No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

"Meskipun Karimun bukan merupakan daerah sentra pertanian, kita tidak serta merta memperbolehkan komoditas pertanian masuk begitu saja tanpa memenuhi persayaratan karantina," jelas Priyadi.

Priyadi juga menambahkan bahwa semua komoditas pertanian ilegal yang dimusnahkan tidak dilengkapi dengan Phytosanitary Certificate maupun Health Certificate dari negara asal. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada jaminan kesehatan atas produk itu sendiri sehingga Karantina Pertanian Karimun melakukan penahanan hingga akhirnya pemusnahan.

Turut hadir dalam kegiatan pemusnahan kali ini diantaranya KPPBC Tipe Madya B Tanjung Balai Karimun, Kejaksaan Negeri Karimun, Kodim 0317 Tanjung Balai Karimun, Lanal Tanjung Balai Karimun Pengadilan Negeri Karimun, KKP, Dinas Perdagangan dan instansi terkait lainnya.

#LaporKarantina🍎🐕 
#KarantinaPertanianKarimun

Berita Lainnya

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN

PENGUMUMAN

  • Larangan Ekspor Lidi (broom stick) ke negara India (download)

  • Nota Kesepahaman Antara BC, BARANTAN DAN BKIPM-KP tentang Kerjasama Dalam Pelayanan Pengawasan Impor dan Ekspor Komoditas Wajib Periksa Karantina (download)

  • Himbauan untuk tidak mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah cuti bersama idul fitri 1438 H (download)

  • -- lainnya --

    DISEASES ALERT

  • Pencegahan penyebaran Spodoptera frugiperda dan Bactrocera (download)  tanggal 22 Februari 2019

  • Wabah Caprine arthritis-encephalitis di Singapura, Waspada pemasukan domba-kambing & produknya dr Singapura (download) 23 Januari 2019

  • Wabah Flu Burung, Larangan Pemasukan Unggas dan Produk Unggas Segar dari Malaysia  (download)  tanggal 09  Agustus 2018

  • -- lainnya --

    Karantina Karimun