Karantina Karimun
  Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Ayo Lapor Karantina !!!     Bersama Anda Melindungi Negeri     Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Karantina Karimun Anti KKN  
admin   2019-04-27   15:39:42   1504  

Karantina Pertanian Karimun Mutakhirkan Akreditasi Laboratorium menuju ISO/IEC 17025:2017

Karimun - Fungsi laboratorium bagi Karantina Pertanian Karimun sangatlah vital. Hasil dari uji laboratorium menentukan keputusan apa yang akan diambil terhadap komoditas pertanian yang SobatQ lalulintaskan.

Saat ini, Laboratorium Karantina Pertanian Karimun telah terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2008 dengan ruang lingkup pengujian Rose Bengal Test dan Tribolium castaneum. Kini, mereka akan memutakhirkan akreditasinya menuju ISO/IEC 17025:2017 agar semakin memberikan jaminan mutu yang valid dan diakui secara internasional. 

Untuk mencapai tujuannya, Karantina Pertanian Karimun menghadirkan Gatot Santoso, narasumber dari Karantina Pertanian Uji Standar. Selama 3 hari, yakni 24-26 April 2019, peserta bimbingan teknis antusias menerima ilmu yang baru.

"Anak sekolah saja ingin terus naik kelas, gimana kita sebagai instansi yang merupakan garda terdepan dalam mencegah masuk dan tersebarnya penyakit hewan dan tumbuhan. Tentu kita harus update karena tantangan ke depan semakin besar," kata Kristinus Munthe, peserta bimtek sekaligus Koordinator Pengendali Mutu Laboratorium.

Deteksi penyakit bukanlah hal yang mudah. Laboratorium tidak hanya berupa bangunan yang kokoh dengan segala fasilitasnya, tetapi juga membutuhkan akreditasi sebagai pengakuan formal terhadap hasil pengujian yang sesuai dengan ruang lingkupnya. 

"Salah satu perubahan pada ISO/IEC 17025:2017 adalah klausul peluang dan penilaian risiko yang sebelumnya tidak tertuang pada SNI ISO/IEC 17025:2008," papar Gatot.

Drh. Priyadi, Kepala Karantina Pertanian Karimun saat membuka acara mengaku optimistis dalam memutakhirkan akreditasi laboratorium. Priyadi juga menuturkan adanya penambahan ruang lingkup pengujian. "Target ruang lingkup untuk laboratorium karantina hewan adalah pengujian HA-HI Avian Influenza, sedangkan pada laboratorium karantina tumbuhan adalah Peronospora manshurica," jelasnya.

#LaporKarantinašŸ•šŸŽ
#KarantinaPertanianKarimun

Berita Lainnya

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN

PENGUMUMAN

  • Larangan Ekspor Lidi (broom stick) ke negara India (download)

  • Nota Kesepahaman Antara BC, BARANTAN DAN BKIPM-KP tentang Kerjasama Dalam Pelayanan Pengawasan Impor dan Ekspor Komoditas Wajib Periksa Karantina (download)

  • Himbauan untuk tidak mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah cuti bersama idul fitri 1438 H (download)

  • -- lainnya --

    DISEASES ALERT

  • Pencegahan penyebaran Spodoptera frugiperda dan Bactrocera (download)  tanggal 22 Februari 2019

  • Wabah Caprine arthritis-encephalitis di Singapura, Waspada pemasukan domba-kambing & produknya dr Singapura (download) 23 Januari 2019

  • Wabah Flu Burung, Larangan Pemasukan Unggas dan Produk Unggas Segar dari Malaysia  (download)  tanggal 09  Agustus 2018

  • -- lainnya --

    Karantina Karimun