Karantina Karimun
  Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Ayo Lapor Karantina !!!     Bersama Anda Melindungi Negeri     Selamat Datang Di Website Resmi Karantina Pertanian Karimun     Karantina Karimun Anti KKN  
admintbk2   2019-09-26   16:34:57   229  

Pastikan Daging Ayam beku dari Batam aman Konsumsi, Karantina lakukan uji Laboratorium

Karimun (26/09). Selain memiliki peran yang sangat penting dalam upaya
pencegahan masuk, tersebar dan keluarnya Hama Penyakit Hewan
Karantina (HPHK), Karantina Pertanian juga memiliki peranan dalam memastikan kelayakan dan keamanan konsumsi bagi produk asal hewan seperti Karkas, daging dan jerohan.

Kemarin (25/09) Dokter Hewan dan Paramedik Veteriner Karantina Pertanian Karimun melakukan pemeriksaan terhadap 2496 Kg daging ayam beku asal Batam. Pemeriksaan dilakukan  mulai dari kelengkapan dokumen, kondisi kemasan, pemeriksaan organoleptik, sampai pengujian Laboratorium.

pengujian Laboratorium dilakukan untuk mengetahui  kandungan cemaran mikroba dengan menggunakan metode uji TPC (Total Plate Count). Standar organoleptik mengacu pada SNI Nomor3932:2008, sedangkan Batas Maksimum Cemaran Mikroba mengacu pada SNI Nomor: 01-6366-2000. 

"TPC dimaksudkan untuk menunjukkan jumlah mikroba yang terdapat dalam suatu produk dengan cara menghitung koloni bakteri yang ditumbuhkan pada media agar", ujar Widia, Petugas Laboratorium Karantina Pertannian Karimun.

"Jika melebihi batas maksimal cemaran mikroba, berarti daging tersebut tidak layak atau tidak aman untuk dikonsumsi. Terhadap produk yang dinyatakan busuk/rusak dapat dilakukan tindakan karantina pemusnahan", imbuhnya.

#LaporKarantina #KarantinaPertanianKarimun

Berita Lainnya

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN

PENGUMUMAN

  • Larangan Ekspor Lidi (broom stick) ke negara India (download)

  • Nota Kesepahaman Antara BC, BARANTAN DAN BKIPM-KP tentang Kerjasama Dalam Pelayanan Pengawasan Impor dan Ekspor Komoditas Wajib Periksa Karantina (download)

  • Himbauan untuk tidak mengambil cuti tahunan sebelum atau sesudah cuti bersama idul fitri 1438 H (download)

  • -- lainnya --

    DISEASES ALERT

  • Pencegahan penyebaran Spodoptera frugiperda dan Bactrocera (download)  tanggal 22 Februari 2019

  • Wabah Caprine arthritis-encephalitis di Singapura, Waspada pemasukan domba-kambing & produknya dr Singapura (download) 23 Januari 2019

  • Wabah Flu Burung, Larangan Pemasukan Unggas dan Produk Unggas Segar dari Malaysia  (download)  tanggal 09  Agustus 2018

  • -- lainnya --

    Karantina Karimun