Selamat datang di website Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun       Bersama Anda Melindungi Negeri       Tidak Menerima Gratifikasi Baik Berupa Uang, Parcel Dan Bentuk Lainnya   
Kunjungan ke Kebun Nanas di Kecamatan Kundur

Nanas Kabupaten Karimun Go Ekspor

Karimun (02/11). SobatQ sudah pernah dengar dengan istilah petani milenial kan? Petani di era modern yang mungkin bisa dibilang lebih keren, lebih gregetsss, lebih inovatif pokoknya jaman now banget lah.

"Pak Keenam dan anaknya contohnya, yang bisa disebut petani muda milenial yang memiliki passion sebagai Petani Nanas. Dia bangga menjadi petani nanas yang tumbuh subur di daerahnya. Meskipun lahannya tak begitu luas, namun guratan kebahagiaan menjadi petani milenial nampak jelas di raut wajahnya yang tetap teduh meski dibawah teriknya matahari.

Membanggakan, bulan Desember mendatang Kabupaten Karimun rencananya akan melakukan ekspor perdana nanas. Ini juga merupakan sebuah tindak lanjut dari pemerintah daerah dalam mensukseskan program Lumbung Pangan Perbatasan yang berbasis ekspor nanas yang dicanangkan oleh Mentan, Amran Sulaiman. SobatQ pasti tahu kan, kalau nanas merupakan salah satu dari 6 produk unggulan ekspor Indonesia yang menghasilkan devisa negara yang wow bangettt.

Untuk itu, Karantina Karimun sebagai salah satu bagian dari pemerintah pusat dipercaya untuk menjadi bagian dari tim program tersebut. Peran serta Karantina Karimun dalam mempersiapkan ekspor nanas bulan depan berupa mitigasi OPT/OPTK di area penanaman nanas. Kegiatannya berupa pemberian bimbingan mengenai apa saja yang harus dilakukan petani untuk menghasilkan nanas yang sesuai dengan persyaratan negara tujuan. Diharapkan petani mengerti mengenai Good Agriculture Practice (GAP), Standard Operating Procedure (SOP) dan Integrated Pest Management (IPM) dalam pengelolaan kebun nanasnya sehingga mengahasilkan nanas yang berkualitas baik dan rendah residu pestisidanya. "Jangan sampai ekspor perdana kita tidak sukses," harap Heri Widodo yang terjun langsung ke lokasi.

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN