Selamat datang di website Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun       Bersama Anda Melindungi Negeri       Tidak Menerima Gratifikasi Baik Berupa Uang, Parcel Dan Bentuk Lainnya   

Selangkah Lagi Menuju Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Kepala SKP Kelas II Tanjung Balai Karimun memimpin open Meeting Audit Eksternal

Karimun, (02/08) - "Sudah bukan zamannya lagi kita menerima suap. Sebagai pelayan publik, kita harus bersikap profesional. Jangan sampai integritas kita bisa dibeli dengan uang," tutur Priyadi kepada pegawainya. Suap adalah tindakan memberikan uang, barang atau bentuk lain untuk mengubah keputusan penerima suap agar keinginannya dapat terpenuhi.

Karantina Karimun yang merupakan salah satu instansi pemerintah yang berkomitmen untuk bersih dari kasus penyuapan. Terlebih lagi, banyaknya kasus penyelundupan ilegal di Karimun, banyak tantangan yang harus dihadapi petugas. Iming-iming imbalan yang menggiurkan digencarkan oleh mereka. Alasannya beragam, misalnya untuk membebaskan barang ilegal mereka agar tidak ditahan atau dimusnahkan oleh Karantina Karimun.

Penandatanganan pakta integritas

Bentuk komitmen ini diwujudkan dalam serangkaian assesment Sistem Manajemen Terintegrasi ISO 37001:2016 Anti Penyuapan dan ISO 9001:2015 Manajemen Mutu Pelayanan Publik.

Assesment dilakukan selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 31 Juli 2018 s/d 02 Agustus 2018 oleh I Made Dwi Antara dan Putu Ayu Bunga Astidyani dari PT. Garuda Sertifikasi Indonesia. "Pelayanan disini sudah bagus karena sudah memiliki aplikasi IQFAST. Pembayarannya pun sudah menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) yang disetorkan langsung kepada negara sehingga petugas tidak bersentuhan dengan uang yang berpotensi terjadinya pungli," kata Bunga saat mengaudit pelayanan karantina di Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

"Setelah kami berdua melakukan assesment, Karantina karimun direkomendasikan untuk menerima sertifikat ISO 37001:2016 dan ISO 9001:2015," ungkap I Made Dwi Antara selaku ketua auditor. Semoga ini bisa dijadikan alarm bagi Karantina Karimun untuk mewujudkan pelayanan prima yang bebas suap, pungli dan gratifikasi.

Foto Bersama

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN