Selamat datang di website Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun       Bersama Anda Melindungi Negeri       Tidak Menerima Gratifikasi Baik Berupa Uang, Parcel Dan Bentuk Lainnya   

Marak Jual Beli online, SKP Kelas II TB Karimun perkuat pengawasan di Kantor Pos

Kepala SKP Kelas II TB Karimun bersama Kepala Kantor Pos TB Karimun

Karimun (17/08),Perdagangan elektronik (e-Commerce) sekarang sudah mewabah di masyarakat dunia. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai investasi di sektor e-Commerce pada 2017 mencapai lebih dari US$ 5 miliar, sehingga membuatnya sebagai salah satu sektor ekonomi paling strategis.

Barang barang yang di perdagangkanpun bermacam-macam, dari alat alat elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan, produk hasil pertanian seperti bibit tanaman, pupuk, bahkan hewan hidup sekalipun sekarang bisa dilakukan secara online.

semakin meningkatnya kegiatan jual-beli online saat ini, perusahaan Jasa Pengirimanpun juga mendapat dampak positifnya, karena proses pengiriman barang melalui penjual ke pembeli harus menggunakan jasa pengiriman.

drh. Priyadi berkoordinasi dengan Sumarso

Mensikapi adanya resiko penyebaran Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK) dan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPTK) melalui praktik jual-beli online ini, Badan Karantina Pertanian telah bekerjasama dengan PT. POS Indonesia (PERSERO) dan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspress Indonesia (ASPERINDO).

Kerjasama ini tertuang dalam Perjanjian Kerjasama no 2688/KL.430/L.1/VI/2010; PKS87/Diropratlog/0610; 04/DPP.ASPER/KS/VI/2010 tentang Pelaksanaan Tindakan Karantina terhadap Media Pembawa HPHK serta OPTK yang berasal dari barang Impor, Ekspor dan Antar Area yang dikirim melalui POS dan/atau Jasa titipan.

Sebagai tindak lanjut Kerjasama tersebut, Hari ini drh. Priyadi selaku Kepala SKP Kelas II TB Karimun melakukan Koordinasi ke Kantor POS Tanjung Balai Karimun dan akan menempatkan petugas, untuk melakukan pengawasan di Kantor POS. Sumarso, kepala Kantor POS Tanjung Balai Karimun mengatakan bahwa pihaknya akan selalu mengkoordinasikan ke Karantina bila ada pihak/pengguna jasa yang akan melalu-lintaskan produk pertanian melalui jasa pengiriman POS.

dengan adanya koordinasi ini diharapkan dapat menekan resiko penyebaran HPHK dan OPTK di wilayah Kabupaten Karimun

#KarantinaKarimun #LaporKarantina

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN