Selamat datang di website Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun       Bersama Anda Melindungi Negeri       Tidak Menerima Gratifikasi Baik Berupa Uang, Parcel Dan Bentuk Lainnya   

Karantina Karimun Usut Kasus Penyelundupan Daging Ayam Ilegal

Proses Pengumpulan Bahan Keterangan dari Pelaku

Karimun (09/10), Sebagai bentuk komitmen dalam penegakan hukum perundang-undangan perkarantinaan di lingkup kerjanya, dan sebagai tindak lanjut serah terima penanganan barang hasil tindakan dari Kepolisian Sektor Buru, Karantina Karimun melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) terkait dugaan pelanggaran terhadap UU Perkarantinaan. Barang bukti yang diserahterimakan Agustus lalu berupa 5 kotak daging ayam beku.

Pagi ini (9/10) bertempat di kantor Polsek Buru, drh. Purwanto selaku PPNS bersama dengan Astim, A.Md, Polsus Karantina Karimun didampingi Syahrizal, Kanit Reskrim Polsek Buru melakukan interogasi kepada pemilik barang untuk menelusuri asal muasal barangnya yang ditahan bulan lalu. Daging ayam beku tersebut ditahan oleh petugas Sabhara Polsek Buru saat akan dikirim keluar dari pulau Buru ke Tanjung Batu Kecil, karena saat akan dilalulintaskan tidak disertai dengan Sertifikat Kesehatan Karantina dan tidak dilaporkan kepada petugas Karantina.

Menurut pemilik saat dimintai keterangan oleh PPNS, ia membeli daging ayam dari pulau Moro melalui ABK kapal, untuk kemudian dijual lagi kepada pembeli yang tinggal di Tanjung Batu Kecil.

PPNS saat menginterogasi pelaku

Dengan adanya kegiatan pengumpulan bahan keterangan ini, diharapkan dapat menggali informasi lebih dalam lagi terkait modus pemasukan dan siapa pemasok utama daging ayam ilegal di wilayah kabupaten Karimun, untuk dapat dilakukan pembinaan atau tindakan represif kepada pelaku sebagai upaya terakhir dalam penegakan peraturan perkarantinaan.

PPNS dan Polsus SKP Kelas II TB Karimun bersama dengan Kanit reskrim Polsek Buru

#KarantinaKarimun #LaporKarantina

VIDEO KARANTINA

AGENDA KEGIATAN